Sunday 25 February 2018

SMA, MASA-MASA PALING MENENTUKAN



S
aya bersekolah SMA di SMAN 1 Tegal, salah satu sekolah favorit di Tegal, peminatan IPA. Sesuai judulnya, kalo SMA adalah masa masa paling indah paling menentukan. Menentukan apa? Masa depan. Masa depan kita berdua eaaa

Masuk STAN
Jadi awal mula ceritanya adalah cita cita bapakku dulu adalah masuk STAN. Tapi ga kesampean, malah masuk Bintara TNI-AL. Maka dari itu, bapak saya ingin aku meneruskan cita-citanya yang tertunda dulu. Aku, yang hobinya main komputer, utak atik komputer disuruh masuk STAN, apa sih?! Gaje banget. Aku IPA kok masuk STAN, akuntansi kan pelajarannya IPS, pikirku. Yang aku ingat aku sudah disuruh masuk STAN saat kelas 9 SMP. 

Perjuangan Awal
Saat itu aku masih kelas 11 SMA dan bapakku menceramahi aku untuk masuk STAN. Dia bilang kalo sekolah di STAN itu ikatan dinas, gratis dan segala keuntungan lainnya. Ditambah ekonomi keluarga yang sedang krisis. Akhirnya aku mulai mikir, aku mikir kasian orang tua ku yang nyari uang susah, gaji TNI pas-pasan, ketambahan biayain kuliahku. Hm ya sudah, keadaan memaksa. Aku hanya bisa menuruti perkataan bapakku. 

Dan kebetulan, saat itu akan diadakan tryout USM STAN di SMAN 3 Tegal. Maret 2016. Dan bapakku menyuruhku untuk ikut. Apa!? Yang bener aja, aku kan masih kelas 11, pikirku. Gapapa, nyoba nyoba dulu kaya apa soal STAN, begitu kata bapakku. Ya sudahlah.. akupun ikut tryout tersebut, tanpa persiapan. Aku juga beli buku USM STAN. Hasilnya aku dapat nilai mati. Haha, sayang banget TPA ku Cuma bener 39. Gapapa, baru pertama kali.

Tryout
Jujur saja, aku sudah mengikuti banyak sekali tryout USM STAN, dan beberapa kali juga dapet juara regional hehe. Tryout pertamaku yaitu di SMAN 3 Tegal yang diadakan oleh IST (Organda Tegal). Kemudian aku ikut tryout yang diadakan IST lainnya, Agustus 2016 di SMK ADB. Tryout Akbar USM STAN Februari 2017 di SMAN 1 Slawi. Ditambah lagi aku ikut tryout yang diadakan oleh KMSDB (Organda Brebes). Dua kali tryout di SMAN 2 Brebes.

Bimbel gratis
Suatu saat, diadakan tryout dengan hadiah bagi 3 besar mendapat bimbel gratis dari SS (Science Society). Waktu itu baru pertama kali buka cabang di Tegal. Alhamdulillah aku dapat juara 2 dan dapet bimbel gratis. Mulai belajar desember akhir, sampai bimbel berakhir setelah UN. Walaupun agak mengecewakan, namun aku beruntung, karena di sini aku bisa dapat perbendaharaan soal yang banyak, tryout nasional berkali kali. 

Titik Balik
Semuanya berawal dari bincang-bincang keluarga. Bapakku menuruh untuk aku masuk D3 Pajak, karena menurutnya enak kerja di Pajak, di belakang meja. Namun aku berpikir apa lama lama ga bosen kerja kaya gitu. Akhirnya aku mulai mencari solusi lain, ada jurusan bea cukai, yang katanya kerjanya di lapangan. Bapakku tidak menyarankanku masuk situ. Capek katanya. Aku jadi bimbang. Kemudian suatu saat aku sedang wifinan di tempat bimbel, aku menonton Customs Protection, acaranya Net TV. Disitu aku merasa terkagum kagum, wih keren yah. Kejar kejaran, meriksa orang dibandara, punya senjata (Pikirku waktu itu haha). Aku merasa seperti jatuh cinta dengan bea cukai saat itu. Sejak itu aku memantapkan niatku masuk bea cukai dengan masuk STAN.

Antara UN, USM dan SBMPTN
Kelas 12 adalah masa paling sulit dibandingkan dengan kelas 6 dan kelas 9. Selain mempersiapkan untuk UN juga mempersiapkan untuk tes masuk perguruan tinggi. Lalu gimana cara belajarnya? Kalo saya beljar UN itu belajar d isekolah aja, waktu KBM di kelas, sisanya di bimbel. Kemudian belajar USM gimana? Sebenernya jadwal sehari itu sudah full, dari pagi jam 7 sampai jam 6 sore. Pulang-pulang ya capek, tidur. Jarang buat belajar USM, belajar USMnya biasanya hari libur sabtu minggu sama waktu di bimbel. Belajar SBMPTNnya? Aku Cuma belajar dari dengerin temen-temen yang belajar saat jam kosong, ikut nimbrung gitu haha. Gapernah aku beli buku SBM, aku sudah niatkan untuk fokus STAN, SBM aku sampingkan.

SNMPTN dan SBMPTN jadi cadangan
Saat pendaftaran SNM dibuka, Alhamdulillah aku terjaring dan bisa daftar. Jujur aja aku bingung nentuin jurusan. Ya karena pertimbangannya banyak, kuota, prestasi kakak kelas, predikat sekolah. Ah aku gangerti mau milih apa buat cadangan. Bapakku bilang cari jurusan yang cari kerjanya gampang. Nyari-nyari di internet. Aku sempat mengajukan jurusan Teknik Informatika, namun ga disetujui. Katanya jurusan komputer udah banyak. susah. Yasudah... akhirnya terpilih lah Teknik Geodesi UGM dan Kesehatan Masyarakat Undip (haha gaje banget)

Namun sayang, aku ga lolos SNM. Sesaat sedih, namun tak apa masih ada SBM. Sekarang aku pun bingung lagi milih jurusan apa. Masa sama lagi, pikirku. Aku konsultasi sama orang tua. Akhirnya orang tua memberiku kebebasan mau milih apa. Akhirnya aku pilih lah Sistem Informasi UI, Informatika UNS, dan Fisika UNS. Aku pilih 2 jurusan pertama yang berbau IT karena aku rasa minatku disitu. Lanjut ke tes SBM.

Lari jogging
Fisik tidak dapat dibentuk dalam sekejap mata. Maka dari itu, aku (disuruh) lari dari jauh-jauh hari, mulai dari bulan desember. Pertama aku lari tiap hari Minggu pagi di alun-Alun Tegal. Semakin dekat USM aku mulai lari siang hari. Sambil di waktu, berapa yang aku dapat selama 12 menit. Aku pernah lari di Gor Wisanggeni, Stadion Yos Sudarso. Bahkan aku pernah latihan lari ke Gor Trisanja di Slawi. Biasanya aku lari bersama pejuang kedinasan lainnya, biar semangat. 

SBMPTN
Alhamdulillah aku telah lolos tes tahap 1 STAN dan sudah selesai tes tahap 2. Tes SBM dilaksanakan pada  tanggal 16 Mei 2017. Aku ambil tempat tes di Semarang dan dapat tempat tes di Unnes. Aku berangkat sendiri ga ditemani bapakku. Aku menginap di kos kaka kelas yang tergabung dalam IMASSTE (Ikatan Mahasiswa Semarang SMAN 1 Tegal). Baik sekali kaka kelas ini, memberiku tempat tidur, mengantarkan makan, mengantarkan ke tempat tes, dan mengantarkan kembali ke stasiun. 

SBMPTN terdiri dari TKPA dan TKD SAINTEK. Jujur aja aku banyak ngerjain di TKPAnya, TKD SAINTEK ampun, soal matematika, fisika, kimianya susah banget. Udah gitu aku ga belajar. Tapi anehnya aku ngerjain soal SBM biasa aja. Ga gugup atau deg degan. Santai, soalnya aku berpikiran lah SBM cadangan ini. Aku kerjakan sebisanya. Aku maksimalin di TKPA karena aku sadar, aku ga belajar matfisbiokim haha.

Saat pengumuman SBM tiba (sebelum pengumuman kelulusan STAN), aku menunggu di wifi.id corner bersama salah seorang temanku. Menunggu countdown. Sampai akhirnya countdownnya selesai, aku cek namaku di website. Hasilnya? Aku lolos SBM!! Alhamdulillah Ya Allah. Aku senang karena aku berhasil masuk plilhan pertama! Sistem Informasi UI!! Setidaknya jika STAN meleset, aku masih bisa masuk UI hehe.
Sampe sekarang aku masih ga percaya kalo bisa lolos SBM masuk Universitas Indonesia.



Tips & Trick :
1.       Temukan model belajarmu


Tiap orang memiliki model belajar yang berbeda-beda. Ada yang belajar di kamar pintu ditutup rapat, ada yang belajar di kamar sambil mendengar musik, ada yang sambil ngemil, ada yang belajar harus di tempat terbuka, ada yang belajar sendiri gapaham, belajar kelompok jadi paham. Menurutku untuk belajar USM yang itung-itungan, enaknya sambil dengerin musik dan mungkin ditambah jajan (kalo ada duit haha).

Kalo model belajarku itu, maksimalin waktu kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas. Jadi waktu di kelas itu memperhatikan, catat. jangan ngobrol atau asik sendiri. Kemudian kalo di rumah aku jarang belajar, kalo deket ujian aja baru belajar haha pake sistem SKS. Tapi SKS ini bakal berhasil karena aku sudah pahm duluan materinya, jadi hanya mengulang saja. Bukannya SKS baru paham hehe
  
2.       Manfaatkan jam kosong


Kalo di sekolah lagi jam kosong, sebaiknya kamu manfaatin buat belajar, belajar apapun. Biasanya ada tuh temen-temen yang ngrombol belajar bareng, gabung. Atau minimal memperhatikan saja kalo lagi males ikut ngerjain. Daripada kamu main game online atau malah gabung dengan grup game online atau pergi ke kantin, atau malah pulang ke rumah haha.

3.       Ikut Bimbingan belajar


Buat kalian yang memiliki rezeki lebih, ikutilah bimbel. Semacam Neutron, Ganesha Operation, Nurul Fikri, Primagama (ups promosi hehe). Bimbel sebenernya bermanfaat jika kalian memanfaatkannya dengan baik (haha karuan). Maksudku dateng terus setiap ada jadwalnya. Lebih baik lagi minta privat ke guru lesnya. Karena secara tidak langsung bimbel itu pengganti belajar di rumah, yakan daripada belajar di rumah, baru buka buku 5 menit langsung KO haha.

4.       Ikut Tryout


Maksud ikut tryout adalah menguji kemampuan diri, mengevaluasi diri. Bukannya disetiap pembelajaran pasti ada evaluasi? Jika tryoutmu masih jelek, maka bisa dicari apa masalahnya. Apakah belajarnya salah, atau kurang di TPA, TBI dll. Ikut tryout juga dapat memprediksi peluang lolos USM STAN.

5.       Perbanyak Ibadah


Semakin banyak beribadah maka semakin baik. Rajin shalat, sedekah, puasa. Berdoa kepada Yang Maha Kuasa agar diberi kemudahan dan kelancaran dalam perjuangan ini. Minta restu dari kedua orang tua. Ingat kunci sukses adalah berusaha + berdoa. Berusaha doang tanpa doa namanya sombong, berdoa doang tanpa usaha namanya bodoh.

No comments:

Post a Comment