Thursday 22 February 2018

KAMPUS PERJUANGAN [PKN STAN] LAST PART

Tahap kedua akhirnya telah ku lewati. Sekarang tinggal satu, satu tahapan lagi yang harus kulewati agar bisa menjadi Mahasiswa PKN STAN yaitu Tes Kompetensi Dasar (TKD).  Tes ini diadakan oleh BKN (Badan Kepegawaian Negara) yang bagian ngurus-ngurus penerimaan PNS. Yap, tes ini merupakan tes CPNS. Asal muasal tes ini, sebenarnya tes ini biasanya dilaksanakan di tingkat akhir, disaat mau lulus. Ya karena lulusan STAN bakalan jadi PNS, maka diperlukan tes ini.
Illustrasinya seperti ini :

Namun, mulai tahun 2016, TKD dilaksanakan di awal proses penerimaan mahasiswa baru. Loh kenapa? Jadi banyak kasus, saat mahasiswa STAN sudah mau lulus kemudian dia Tes TKD dan dia ga lulus! Walaupun saat itu ada beberapa kali kesempatan. Namun jika dia ga lulus lulus otomatis dia tidak dapat diangkat jadi CPNS dan itu sayang sekali. Udah kuliah dibayarin negara, eh gabisa jadi PNS. Makanya TKD sekarang ditaruh di depan.
Illustrasinya jadi seperti ini :

  
Tes Kompetensi Dasar (TKD)
Tahun 2017 namanya Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) terdiri dari 3 subtes:

1.       Tes Wawasan Kebangsaan  (TWK)
Terdiri dari 35 soal. Materi TWK yaitu tentang Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, sejarah dan semacamnya. Mirip pelajaran PKn di sekolah. Passing gradenya yaitu 40% dari total skor TWK/ minimal benar 14. 

2.       Tes Intelegensia Umum (TIU)
Terdiri dari 30 soal. Materi TIU mirip seperti Tes tahap pertama, TPA numerik dan verbal. Passing gradenya 50% dari skor total TIU/ minimal benar 15. 

3.       Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
Terdiri dari 35 soal. Materi TKP yaitu tentang integritas diri, bekerja kelompok, semangat bekerja, kemampuan beradaptasi dll. Bingung? Gini contoh soalnya:
Jika kamu menemukan uang Rp 100.000 di jalan, apa yang akan kamu lakukan?
a.       Mengambilnya untuk beli jajan
b.       Mengembalikan ke pemiliknya
c.       Mengambilnya dan memberikannya ke kantor polisi
d.       Membiarkannya
Jadi seperti itu gambaran soal TKP. Passing gradenya yaitu 72% dari skor total TKP/ minimal benar 26.

Sistem penilaian TKD, jika benar +5 jika salah atau kosong 0. Itu berarti kalian harus mengisi semua soal (jangan ada yang kosong, karena kosong/salah skornya 0). Khusus TKP, skornya bertingkat dari 1-5. Jadi jawaban yang paling benar skornya 5. Diterapkan passing grade ditiap subtes. Jumlah soal 100 dan waktu pengerjaan 90 menit. Tes ini dilaksanakan dengan metode CAT (Computer Assisted Test) atau pake komputer. Daann yang paling mengerikan adalah, saat ujian selesai nilainya langsung keluar!!!

Pengalaman tes saya
Tes ini dilaksanakan dalam 5 hari dan sehari dibagi ke dalam 4 sesi, per sesi ada 150 peserta, ruangan tes tersedia ada 5 ruang. Aku dapet hari ke-4. Alhamdulillah aku dapet sesi 1 yang berarti tesnya pagi hari. Tes kali ini aku merasa tenang karena sudah terjadwal, ga kaya tes sebelumnya harus ngantri dari subuh-subuh buat dapet tes pagi hari. Saya dan bapak saya as always berangkat H-1 tes. Jam 7 kami peserta tes diarahkan untuk melakukan verifikasi dulu dan diajari cara mengerjakan soal dengan komputer. Kemudian jam 7.45 aku masuk ruang tes dan jam 8 mulai mengerjakan. Selesai jam 9.30.

Jujur, ini tes paling absurd banget. Kenapa? Karena tiap orang soalnya beda-beda dan soal TWK nya itu diluar dugaan. Apa yang aku pelajari selama ini yang keluar hanya segelintir soal! Teman-temanku bahkan ada yang dapet soal UUD RIS! Dan UUDS 1950!! Padahal UUD 1945 pun aku ga hafal semua :) Namun Alhamdulillah Ya Allah, aku lolos pass grade semua walaupun nilaiku sedikit menghawatirkan, Cuma 350!! :( Aku senang dan sedih saat tes berakhir, skor langsung keluar dan ... ah sudahlah. Aku hanya bisa berdoa agar aku bisa lolos dari tes yang absurd ini. 

Waktu itu ada aplikasi bernama Official CAT BKN. Disitu kita bisa lihat skor TKD kita dan ranking berapa. Lalu aku coba masukan nomor pesertaku. Ya Allah, aku diurutan 4925 dari 8641 peserta yang sudah tes sebelumnya. Aku coba tanya teman temanku yang lain, kebanyakan skor mereka di atasku, 360an, 370an, 390an. Aku benar-benar pasrah... jika aku ga masuk STAN ya sudahlah relakan. Namun aku tetap berdoa. Bapaku terus memantau ranking ku di aplikasi. Namun aku ga mempedulikannya. Sampai hari terakhir tes, semua peserta sudah masuk datanya, ranking terakhirku 6112 dari 10.756. 


Aplikasi Official CAT BKN

Aplikasi Official CAT BKN



Iya, waktu yang ditunggu-tunggu telah tiba. Pengumuman Kelulusan UPMB PKN STAN 2017. Hari itu masih H-1 dan masih puasa yah, bulan ramadhan. Saat itu, menjelang adzan maghrib, tak ada kepikiran soal pengumuman. Ah mungkin keluarnya nanti malam kaya kemaren, pikirku. Tiba-tiba seseorang membagikan sebuah file pengumuman. Loh? Aku langsung aja download dan buka. Loh! Ternyata ini benar-benar pengumuman kelulusannya! Aku langsung buka laptop, bapak ibuku ada di sampingku semua. Aku buka filenya dan aku cari namaku pelan-pelan (biar greget). Deg-degan, deg-degan. 

Sampai di huruf R, daann Rifan Fahriansyah... DIII Kepabeanan dan Cukai... ALHAMDULILLAH YA ALLAH... aku langsung peluk kedua orang tuaku, nangis. Bahagia. Aku ga kebayang kalo bisa masuk pilihan pertama, pilihan yang kuinginkan, Bea Cukai... Ini adalah momen yang ga akan aku lupakan. 

Pengumuman kelulusan PMB PKN STAN




Tips & Trick :
Untuk tes ini aku bingung mau ngasih tips apa, menurut aku keberuntungan sangat berpengaruh disini. Loh? Ya karena tiap orang dapet soal yang berbeda-beda dan mungkin ada yang dapet gampang-gampang, ada yang kebetulan dapet yang susah-susah, terutama TWK. Ya gimana lagi.. materi TWK itu luas banget. Sejarah indonesia aja panjang. Jadi ya banyak-banyak berdoa, shalat tahajud, sedekah agar diberi soal yang mudah. Pelajari semua materi yang ada.

Sekian, rangkaian cerita saya saat mengikuti USM STAN, semoga dapat memberi gambaran buat adek-adek pejuang STAN. Selanjutnya saya akan menceritakan perjuangan saya sewaktu SMA.


No comments:

Post a Comment