Friday 11 May 2018

CARA DAFTAR PKN STAN 2018 | PART 2

Lanjutan dari part 1, kali ini aku bakal bahas tahapan ujian/tes/seleksi masuk PKN STAN. Seperti yang sudah aku sebutin sebelumnya, tahapan tes pada SPMB 2018 mengalami perubahan yang cukup signifikan. 

II. TES TERTULIS

Tes ini dilaksanakan pada jangka waktu 27 Juni - 7 Juli. Dengan lokasi tes di 30 tempat di seluruh Indonesia . Tes dilaksanakan dengan metode CAT (Computer Assisted Test).

Tes ini terdiri dari dua jenis tes yang digabung menjadi satu, yaitu TPA TBI dan SKD. Untuk komposisi dan jumlah soal TPA & TBI ini masih belum diketahui (Mungkin kalo tesnya sudah dilaksanakan bakal diupdate). Tetapi untuk nilai mati pihak STAN telah memberitahukan , yaitu untuk TPA nilai matinya 67 dan TBI nilai matinya 30. 

Jumlah soal SKD tetap, namun passing gradenya naik menjadi TWK 75, TIU 80 dan TKP 143 dari yang sebelumnya TWK 70, TIU 75 dan TKP 126.
Waktu total 150 menit
 


III. TES KESEHATAN DAN KEBUGARAN

Untuk tahun 2018, TKK hanya diikuti oleh peserta pendaftar Jurusan Kepabeanan dan Cukai, Prodi DI maupun DIII. Jadi pendaftar yang tidak memilih Jurusan Kepabeanan dan Cukai dalam prioritasnya maka tidak ikut tes ini.

Pelaksanaannya yaitu pada tanggal 23-25 Juli.

Tes ini terdiri dari Tes Kesehatan dan Tes Kebugaran. Yang unik, ada tambahan untuk tes kebugaran. yaitu adanya tes push up, sit up, pull up/chin up. Tes model ini hampir mirip dengan tes masuk polisi/militer. Tidak ada batas minimal untuk setiap jenis tes, tergantung performa para peserta keseluruhan.


Jadi itu gambaran dari tes masuk PKN STAN tahun 2018. Jika ada pertanyaan dapat ajukan ke akun instagram saya yaitu rifanf31. Saya dengan senang hati akan membalas pertanyaan kalian. Sampai jumpa pada post berikutnya :)

No comments:

Post a Comment