Sunday 2 July 2017

KAMPUS PERJUANGAN [PKN STAN] PART 1

     Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya dalam mengikuti Ujian Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Keuangan Negara STAN 2017. Saya akan mencoba menceritakan semua yang saya ingat hehe :)

Semua berawal dari sebuah pengumuman yang dikeluarkan oleh BPPK (Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan) tentang Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN 2017 pada awal bulan Maret.

Pengumuman Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN 2017
    Hati saya senang dengan melihat pengumuman ini, karena sebelumnya pengumuman dari Panselnas sudah muncul dan banyak informasi yang simpang siur tidak jelas tentang penerimaan Maba STAN hehe :D
    Pendaftaran online dibuka selama satu bulan. Pada hari-hari pertama website PKN STAN mengalami error karena banyak yang mengaksesnya. Saya daftar di hari ke-4 dan Alhamdulillah tidak ada masalah. Beberapa teman saya ada yang mengalami masalah seperti BPO yang tidak muncul dsb. Setelah pendaftaran online selesai saya mendapatkan Bukti Pendaftaran Online atau BPO seperti di bawah ini...

   Setelah itu saya transfer uang pendaftaran sebesar Rp 250.000,00 dan menyiapkan berkas untuk proses Verifikasi Berkas. Kemudian pada tanggal 17 Maret keluar lah pengumuman tentang Verifikasi Berkas. Saya dapat tanggal verifikasi berkas 22 Maret dan saat itu di sekolah sedang diadakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional ! (USBN). Saya terpaksa harus izin kepada sekolah. 

Bukti Pendaftaran Online (BPO)


    Oh iya, tempat ujian PMB PKN STAN tidak hanya di satu lokasi, tetapi ada di beberapa kota besar di seluruh Indonesia. Saya walaupun berasal dari Tegal namun saya mengambil lokasi tes di Yogyakarta, walaupun Semarang juga menjadi tempat tes. Ada beberapa pertimbangan yang mendasari keputusan ini (Akan saya jelaskan lain waktu). Dengan begitu saya berangkat ke Yogyakarta dengan Bapak saya :)

    Sesampainya di BDK Yogyakarta (tempat Verifikasi dan Tes) sekitar pukul 3 pagi. Saya sampai terheran-heran. Di sana sudah ada orang yang mengantri! Walaupun gerbang masih ditutup. Akhirnya mau tidak mau saya juga ikut mengantri di sana sampai gerbang dibuka pukul 6 pagi. Alhamdulillah saya mendapat nomor urut awal, jadi tidak perlu menunggu lama. Bahkan katanya ada yang menunggu lama sekali sampai siang hari!

    Setelah proses Verifikasi Berkas selesai, saya mendapatkan Bukti Peserta Ujian atau BPU. Ini adalah kartu ujian yang sakral (ga gitu juga sih) karena di setiap tahap tes harus dibawa dan tidak boleh hilang! (atau tidak dapat ikut ujian). 

Tampilan BPU waktu saya tes tahun 2017

    Sekian dari saya, PART 1 berakhir sampai sini saja dan nanti akan dilanjutkan di PART 2 yang akan membahas ujian tahap pertama. Terima kasih telah membaca tulisan saya, semoga dapat memberi gambaran bagi adik-adik yang ingin mengikuti UPMB PKN STAN... 
See you... :)

*BONUS
 


Link Pengumuman PMB PKN STAN 2017



No comments:

Post a Comment